Seni Rupa IV SD/MI Semester Genap | Bagaimanakah cara mengetahui keberadaan angin untuk menerbangkan layang-layang?
Seni Rupa IV SD/MI Semester Genap | Bagaimanakah cara mengetahui keberadaan angin untuk menerbangkan layang-layang?
Bagaimanakah cara mengetahui keberadaan angin untuk menerbangkan layang-layang?
Jawab: Keberadaan angin dapat dilihat dengan mengamati daun-daun pada pohon yang bergerak-gerak. Jika daun bergerak-gerak, maka untuk menerbangkan layang-layang dapat dilakukan dengan mudah.
Mengapa menerbangkan layang-layang sebaiknya dilakukan di tanah lapang atau terbuka?
Jawab: Menerbangkan layang-layang di tanah lapang atau terbuka lebih mudah dilakukan daripada di lokasi banyak pohon. Layang-layang yang diterbangkan di lokasi banyak pohon akan berisiko tersangkut pada pohon.
Bagaimanakah posisi badan layang-layang saat akan diterbangkan?
Jawab: Posisi badan layang-layang harus membelakangi arah angin sehingga layang-layang dapat mudah terangkat melayang naik ke udara.
Terangkan jenis benang yang dapat digunakan untuk bermain layang-layang yang dilakukan
sekedar hobi?
Jawab: Menggunakan benang biasa atau benang bola atau tangsi.
Jelaskan kondisi diagonal-diagonal yang dimiliki oleh bangun layang-layang!
Jawab: Diagonal-diagonal yang dimiliki oleh bangun layang-layang saling tegak lurus.
Lakukan tugas berikut secara mandiri!
Buatlah layang-layang sesuai dengan prosedur atau langkah-langkah yang sudah dijelaskan pada materi! Tunjukkan layang-layangmu di depan kelas!
Jawab: Kebijaksanaan guru.
No | Karakter yang Diharapkan | Mampu | Belum Mampu |
1. | Menunjukkan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa mengenai luasnya ilmu, misalnya layang-layang. | ||
2. | Menunjukkan sikap saling berpartisipasi dalam mempelajari layang-layang guna menambah wawasan serta saling bertukar pikiran untuk memperoleh pemahaman yang jelas. | ||
3. | Menunjukkan inisiatif dari dalam diri untuk mengembangkan diri dalam meningkatkan pengetahuan yang berkaitan dengan layang-layang dan bertanggung jawab terhadap setiap aktivitas belajar yang dilakukan. | ||
4. | Mengembangkan kemampuan berpikir kritis dalam menanggapi setiap persoalan dan permasalahan yang muncul di dalam pembelajaran tentang layang-layang. |
Aku Pelajar Pancasila
Setelah mempelajari materi tentang "Layang-Layang, Desain Layang-Layang, Cara Membuat, serta Memainkan Layang-Layang". Kamu diharapkan mampu untuk membentuk karakter yang lebih berkualitas dan kreatif. Sebagai refleksi diri, silakan isi tabel berikut dengan memberi tanda centang (√) sesuai keadaan yang sebenarnya.
Posting Komentar